Artikel

Ukiran Kayu? Ini Dia Jenis Kayu Terbaik Untuk Digunakan

ukiran kayu
Kayu tersedia dalam berbagai macam jenis dan penting untuk mengetahui karakter disetiap masing-masing kayu. Setiap kayu memiliki tekstur dan kualitas kayu yang berbeda yang menentukan bagaimana kayu akan merespon dari ukiran kayu tersebut.

Mengukir kayu bisa menjadi hobi yang sangat bermanfaat dan positif sehingga pada akhirnya bisa menjadi sebuah bisnis. Ini adalah salah satu kerajinan tertua di dunia dan sangat fungsional serta indah secara artistik. Hampir semua kayu di planet bumi dapat digunakan untuk mengukir, yang memberikan ukiran kayu tersebut banyak pilihan dan terkadang bisa sangat banyak.

1. BASSWOOD
Basswood adalah kayu pilihan paling populer untuk pemula. Ini adalah kayu putih yang banyak tumbuh di seluruh daratan Eropa serta Amerika. Ini telah digunakan dalam pertukangan kayu selama berabad-abad lamanya. Basswood hampir tidak memiliki bulir dan sangat lembut, sehingga ideal untuk pembuat ukiran kayu.

Kayu jenis ini juga populer untuk pembuatan alat musik karena biayanya lebih murah, banyak digunakan untuk membentuk beberapa bass, gitar angin dan elektrik. Basswood dapat ditemukan dengan mudah dan merupakan kayu yang bagus untuk mulai belajar mengukir, karena mudah dibentuk dan murah.

2. ASPEN
Aspen merupakan jenis kayu putih yang sangat populer dengan tukang kayu. Bahan kayu ini lebih kuat dari linden tetapi masih cukup lembut sehingga cukup mudah digunakan untuk ukiran. Aspen juga mudah ditemukan dan juga harganya tidak terlalu mahal.

3. BUTTERNUT
Butternut adalah kayu yang bagus untuk pembuat ukiran kayu pemula. Lebih cokelat dari linden atau aspen dan memiliki ruas yang bagus. Ini mirip dengan kenari tetapi warnanya lebih terang dan dapat diukir lebih mudah. Seperti kenari hitam, butternut dapat diukir dengan cukup baik dan juga merupakan pilihan yang baik untuk furnitur. Ini adalah jenis kayu yang jauh lebih lembut.

Hubungi EM TITAH Studio untuk mendapatkan ukiran kayu terbaik!

4. KENARI HITAM
Kenari hitam adalah pilihan yang sangat populer. Ini lebih mahal dari basswood. Ini harus diukir menggunakan alat tajam dan palu untuk hasil terbaik. Kenari memiliki warna dan ruas yang kaya yang membuatnya populer untuk berbagai macam produk, termasuk furnitur.

5. POHON OAK
Oak juga merupakan kayu yang populer untuk ukiran, dengan sejumlah karakteristik yang membuatnya hampir ideal. Ini adalah kayu yang kuat dan kokoh. Biji-bijian pohon oak sangat jelas dan juga merupakan salah satu kayu favorit yang digunakan untuk produksi furnitur.

Jenis ukiran yang Anda hasilkan sangat berpengaruh pada jenis kayu yang digunakan. Seorang pemahat mesin akan sering menggunakan kayu yang berbeda dari pemahat perkakas tangan. Dengan kekuatan Anda dapat lebih mudah mengukir kayu keras dan mendapatkan detail yang bagus, sementara kayu keras itu sendiri bisa sangat menyebalkan bagi pemahat tangan. Jadi pilihlah yang sesuai untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *